Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Alumnia adalah platform penyelenggara layanan penawaran saham yang dilakukan oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka.

Alumnia menggunakan teknologi blockchain yang menyediakan penelusuran lengkap secara transparan serta menjaga keamanan sistem dan privasi data.

Platform Alumnia dimiliki dan dikelola oleh perusahaan yang berbadan hukum di Indonesia dengan nama PT. Alumnia Sinergi Adikarsa.

Setiap orang Indonesia yang telah berusia 17 tahun dan telah mempunyai KTP dapat mendaftar sebagai anggota Alumnia.Setiap orang Indonesia yang telah berusia 17 tahun dan telah mempunyai KTP dapat mendaftar sebagai anggota Alumnia.

Untuk WNA, perlu berhasil melalui proses Know Your Customer (KYC) yang disesuaikan dengan regulasi yang berlaku.

Kunjungi https://alumnia.id lalu klik tombol login di kanan atas. Kemudian klik daftar sekarang. Pilih jenis user type (Investor/Investee) lalu masukkan nama lengkap serta email dan password untuk login.

Selanjutnya, siapkan informasi yang dibutuhkan untuk melalui proses Know Your Customer (KYC) untuk investor atau dokumen yang diperlukan untuk mengajukan proposal proyek untuk investee.

Anda dapat memilih untuk melengkapi pendaftaran di kemudian hari. Proses membeli ALU, investasi proyek, dan pengajuan proposal proyek bisa dilakukan setelah Anda selesai melengkapi pendaftaran dan tim Alumnia berhasil melakukan verifikasi terhadap identitas Anda.

Tidak, pendaftaran gratis dan tidak dikenakan biaya apapun.

Anda dapat membeli ALU dengan melakukan request pembelian token ALU pada dashboard user dan melakukan transfer IDR ke Rekening Bank atau ETH ke Public Wallet Address Alumnia.

Tidak. ALU hanya dapat digunakan pada platform Alumnia.

Anda hanya dapat menukarkan ALU yang telah Anda miliki kedalam bentuk IDR/ETH setelah melengkapi informasi penarikan dana di dashboard Alumnia

Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding) yang selanjutnya disebut Layanan Urun Dana adalah penyelenggaraan layanan penawaran saham yang dilakukan oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka.

Siapapun bisa memberikan dana investasi selama proses Know Your Customer (KYC) disetujui pihak Alumnia dan memiliki rekening bank atau ETH serta telah terdaftar menjadi pengguna Alumnia.

Alumnia menyarankan investor untuk memiliki NPWP. Jika Anda belum mempunyai atau masih mengajukan aplikasi NPWP, silakan mendaftar terlebih dahulu dan menyusulkan NPWP kemudian.

Jika Anda adalah WNA maka Anda bertanggung jawab atas pelaporan pajak Anda sendiri sesuai regulasi yang berlaku untuk Anda.

Pertama, pastikan Anda telah mempunyai token ALU. Jika Anda belum memiliki token ALU, Anda dapat membelinya pada fitur Beli ALU

Kedua, silahkan pilih projek yang tersedia di platform Alumnia dan inputkan jumlah ALU yang ingin Anda investasikan.

Ketiga, tunggu hingga proses investasi selesai.

Dana investasi akan disalurkan kepada investee setelah projek terdanai 100%.

Anda dapat selalu melihat perkembangan projek (status investasi, progress, bagi hasil) pada dashboard akun Anda,

Berdasarkan regulasi dari OJK tentang Equity Crowdfunding, jumlah investor dibatasi maksimal 300 orang per proyek sehingga saat ini jumlah minimal investasi yang diberikan berdasarkan jumlah dana investasi yang dibutuhkan untuk proyek tersebut.

Sebagai contoh jika proyek membutuhkan 3000 ALU maka jumlah minimal investasi per orang adalah 10 ALU.

Melalui Alumnia, Anda akan memberikan dana investasi kepada investee yang telah lolos analisis kelayakan dan risiko usaha, serta dinyatakan layak mendapatkan dana investasi oleh Tim Alumnia

Ya. Alumnia melakukan analisis kelayakan dan mitigasi risiko untuk meminimalisir risiko dan memaksimalkan keuntungan secara kuantitatif dan kualitatif.

Analisis kuantitatif yang dilaksanakan meliputi pengecekan besar pendapatan, kecukupan arus kas untuk menjalankan proses bisnis, perbandingan ekuitas dan kewajiban, serta perbandingan aset dan kewajiban investee.

Analisis kualitatif yang dilakukan meliputi pengecekan rekam jejak Alumni antara lain berdasarkan tingkat pendidikan, dan pengalaman usaha atau bekerja investee tersebut.

Besar bagi hasil dihitung dari besar persentase kepemilikan, jangka waktu investasi dan periode pembayaran dividen atau bagi hasil.

Hal tersebut ditentukan oleh investee dan Alumnia berdasarkan nilai valuasi bisnis dan risiko usaha.

Project Value adalah total nilai dana investasi yang dibutuhkan untuk menjalankan projek dalam bentuk ALU.

ROI adalah proyeksi return on investment per tahun yang kemungkinan akan didapatkan oleh investor. Namun, hal tersebut tergantung performa proyek dan perjanjian bagi hasil antara investor dan investee yang memalui platform Alumnia.

Model investasi untuk Equity Crowdfunding tidak dibatasi waktu selama Anda masih memiliki presentase dalam sebuah projek.

Setiap proyek memiliki sistem perhitungan besaran bagi hasil yang berbeda. Besar bagi hasil dihitung dari besar persentase kepemilikan, jangka waktu investasi dan periode pembayaran dividen atau bagi hasil. Informasi ini dapat dilihat di halaman detail proyek.

Anda akan mendapatkan pembayaran atas investasi Anda dalam bentuk token ALU yang akan ditambahkan dalam wallet Anda sesuai presentase yang Anda miliki atas projek investasi.

Pelaporan pajak atas bagi hasil dilakukan secara pribadi dengan mengikuti PPh 21 yang nilainya berlaku progresif sesuai dengan tarif pajak pribadi Anda. Jika Anda bekerja di luar negeri, pembayaran atas bagi hasil dikenakan sesuai dengan PPh 26 dan dilaporkan secara pribadi.

Pendanaan atas projek di Alumnia berlangsung hingga batas waktu tertentu. Pada akhir periode, apabila jumlah dana investasi yang terkumpul lebih dari atau sama dengan 80% dari dana yang diajukan, maka penggalangan berhasil dan akan memasuki masa finalisasi dan pengiriman dana investasi ke investee. Bila tidak mencapai 80%, maka penggalangan dana gagal dan dana akan dikembalikan ke wallet masing-masing pemberi dana (investor).

Tidak. Alumnia tidak menjamin investasi yang ada, namun kami selalu melakukan analisis kelayakan secara mendalam setiap proyek yang akan didanai dan kami berkomitmen melakukan mitigas risiko kerugian yang mungkin terjadi

Tidak. Anda tidak dapat mencairkan dana investasi sewaktu-waktu. Anda harus mengikuti mekanisme pembayaran sesuai dengan perjanjian bagi hasil antara investor dan investee melalui platform Alumnia.

Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding) yang selanjutnya disebut Layanan Urun Dana adalah penyelenggaraan layanan penawaran saham yang dilakukan oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka.

Pelaku usaha berbadan hukum PT dapat mengajukan projek untuk mendapatkan dana investasi di Alumnia.

Dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan proyek di Alumnia:

1. Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian/anggaran dasarnya dalam berbentuk PT.
2. Ijin usaha, SIUP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha (selengkapnya) 3. Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

Proses pengajuan proyek di Alumnia dapat dilihat di bagian Cara Kerja. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan Hubungi kami atau Kontak kami.

Pemberi dana investasi adalah masyarakat umum sebagai kumpulan pemberi dana investasi yang telah terdaftar pada platform Alumnia.

Berdasarkan regulasi dari OJK tentang Equity Crowdfunding, penggalangan dana investasi atau penawaran saham dilakukan dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan.

Berdasarkan regulasi dari OJK tentang Equity Crowdfunding, total dana yang dihimpun melalui penawaran saham paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Proses bagi hasil di platform Alumnia dilakukan dengan menggunakan token ALU. Seorang investee diharuskan menukarkan uang rupiah atas bagi hasil dalam bentuk token ALU melalui platform Alumnia.

Investasi dalam token ALU, setara dengan 1 gram Emas

Nilai tukar 1 ALU saat ini

IDR

676,271

USD

46.72

ETH

0.258

Blockchain Technology

Alumni berjalan pada platform Ethereum, yang mencatat transaksi dengan cara yang lebih aman secara andal dan menyediakan transparansi dengan tingkat ketersediaan sistem yang tinggi

Cluster of Alumni Network

Berinvestasi dalam proyek yang dikelola dalam Alumni meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi risiko yang tidak terlacak

Sustainable Development Goals

Alumnia memprioritaskan proyek ramah lingkungan dengan dampak sosial ekonomi tinggi yang mendukung SDG yang ditetapkan PBB

ALU Unit of Measure

Aset dan proyek diukur dalam ALU yang setara dengan satu gram emas untuk menjaga stabilitas harga dan pertumbuhan investasi dalam nilai ekonomi riil